Hukum Istri Meninggalkan Rumah Saat ada Masalah dengan Suami

Dalam Islam, istri wajib mentaati suami sepanjang apa yang harus ditaati itu tidak melanggar ajaran Islam. Dan jika istri pergi meninggalkan rumah misal ke rumah orang tuanya .. maka ini tidak akan menyelesaikan masalah dan hanya akan memperberat masalah dan juga memberikan pilihan kediri sendiri pada posisi yang lebih lemah lagi.

Tentu kesan lari dari tanggung jawab akan menyertai jika anda memilih pergi meninggalkan suami ketimbang menyelesaikannya secara baik-baik, sedangkan jika anda pulang ke rumah orang tua belum tentu orang tua anda cukup bijak menyikapi masalah anda bisa jadi malah memperkeruh suasana dengan ikut campur urusan rumah tanggan anda dan suami anda yang mana dalam ajaran Islam pun juga dilarang, dan dalam etika apapun juga dilarang .. orang tua sebatas mediator dan memberikan nasihat sesuai tuntunan agama saja .. bukan memperkeruh masalah rumah tangga anak dan cucunya.

Isteri meninggalkan rumah tanpa izin suami akan dilaknat oleh Allah dan dimarahi oleh para malaikat.

Apalagi jika isteri pergi meninggalkan rumah karena dimarahi suami yang menasehatinya sungguh sangat berdosa karena perbuatan isteri ini akan di laknat oleh Allah dan malaikatpun memarahinya.

Sabda Rasullulah SAW :
Hak suami terhadap isterinya adalah isteri tidak menghalangi permintaan suaminya sekalipun semasa berada di atas punggung unta , tidak berpuasa walaupun sehari kecuali dengan izinnya, kecuali puasa wajib. Jika dia tetap berbuat demikian, dia berdosa dan tidak diterima puasanya. Dia tidak boleh memberi, maka pahalanya terhadap suaminya dan dosanya untuk dirinya sendiri. Dia tidak boleh keluar dari rumahnya kecuali dengan izin suaminya. Jika dia berbuat demikian, maka Allah akan melaknatnya dan para malaikat memarahinya kembali , sekalipun suaminya itu adalah orang yang alim. (Hadist riwayat Abu Daud Ath-Thayalisi daripada Abdullah Umar)

Hak suami atas istri termasuk salah satu hak yang paling agung untuk ditunaikan oleh seorang wanita. Bahkan haknya suami atas istrinya lebih besar daripada haknya istri atas suaminya. Hal berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala,

وَلَهُنَّ مِثْلُ الَّذِي عَلَيْهِنَّ بِالْمَعْرُوفِ وَلِلرِّجَالِ عَلَيْهِنَّ دَرَجَةٌ

"Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang makruf. Akan tetapi para suami mempunyai satu tingkatan kelebihan daripada istrinya." (QS. Al-Baqarah: 228)

Suamimu itu adalah sebab kamu bisa masuk surga jika kamu tunaikan hak-nya. dan suamimu itu menjadi sebab kamu masuk neraka jika kamu lalaikan hal itu. Wallahu Ta'ala A'lam.
Jaman sekarang, mungkin seorang istri akan segera pulang ke rumah orang tua nya karena sifat manja yang belum hilang dan malas berusaha menghadapi masalah dengan apa adanya, bahkan jika sudah di suruh pulang oleh suaminya maka banyak persyaratan yang harus dipenuhi suaminya ... maka menurut anda .. wanita seperti ini tergolong wanita seperti apa ?

Jika suaminya menuntut istrinya urus anak atau mengurus urusan rumah tangga, istri seperti ini akan menjawab "Ah banyak tuntutan kamu" atau "Ngasih duit aja kurang kamu" bahkan "Sana cari saja istri orang desa yang mau nurut terus sama suami" dan istri seperti ini juga jika melakukan kesalahan terhadap suaminya maka akan sangat enggan untuk meminta maaf .. dan biasanya wanita seperti ini adalah anak dari orang tua yang bercerai dimana orang tua yang bercerai tersebut gagal atau sangat lambat dalam menurunkan tingkat kebencian.

Sumber referensi: 
  • http://fath102.wordpress.com/2010/01/26/hukum-istri-meninggalkan-suami-dalam-islam/
  • https://www.facebook.com/notes/kata-kata-hikmah/-hak-suami-yang-wajib-ditunaikan-istrinya/10151319066765849

Komentar

  1. Dan bagaimana cara menyikapi hal demikian jika sudah terjadi, apakah kita perlu susul ketempat orang tuanya atau seperti apa penyelesaian yg baik?

    BalasHapus
  2. Bagaimana jika salam rumah tangga sudah tidak ada ke cocokan bolehkan istri pulang kerumah orang tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pulang ke rumah orang tua saya karna 5 hari ini saya selalu bertengkar dengan suami saya. Sudah 2 hri saya di rumah tapi dia tidak menelvon sekalipun. Kebanyakan kami bertengkar karna kelakuan adik sepupunya yg tinggal dengan kami .beri saya solusi agar saya berbaikan dengan suami saya

      Hapus
  3. Istri 40th org pariaman sumbar, punya sifat bohong ditutupi dg kebohongan lg, sering kqbur dari rmh wkt gadis dan hingga menikah, saya 45 th org jawa. 12 th pernikahan dikaruniai anak : 1 perempuan usia 10th dan 1 laki2 usia 9th di sekolahkan di sd negeri. 9 th hidup enak dan 3 th ekonomi mulai kacau. Insting saya ada sandiwara dlm hidup rmhtgg ternyata benar, istri tidak laksanakan shalat dan ngaji dg banyak alasan, lalai laksanakan kewajiban seorang istri, klrg istri mulai pengaruhi istri saya, kesetiaan saya dg istri hingga mengantar istri berulangkali ke rmh saudara2nya disalahgunakan untuk atur rencana kabur. Bukti2 pendukung ada, penghianatan cinta begitu kejamnya istri saya tegur ketahuan chat mesra dg semua kenalan baru cowok abg di medsos sampai berlanjut ke pribadi.
    Setelah ditegur dia tidak akan ulangi lg ternyata malamnya kabur bawa anak2, berhutang jauh2 hari memakai uang anak2 paud, tk, sd dan tetangga lainnya dg alasan ibunya jatuh di wc, padahal tidak. Saya cari dg nerbagai cara hingga 1 bln baru filling saya dia plg ke pariaman rmh ibunya. Saya cari sampai pariaman hanya untuk bertemu anak2 sekejap saja tidak boleh dan diancam nyawa saya akan dihabisi, istri pun tidak nampak hanya suara tangisnya, dan fitnahpun dia tebar menjelek2an saya suka kdrt sampai saya minta ambilkan Al Quran mari kita bicara jujur dibawah sumpah pun ditolak. Saya tetap sabar dan pulang.
    Anak2 pun pidah sekolah sd swasta karena istri bawa domumen srt nikah, akte kelahiran, raport, pakaian sekolah dan rmh, buku2 dan sepatu, NAMUN LUPA BAWA PERANGKAT SHALAT KARENA DIA TIDAK SHALAT.

    Apakah wajib dinafkahi istri saya yg kabur bawa 2 anak yg semula 1 bln dianggap ghaib karena pihak keluarga dan orangtuanya menyatakan tidak tahu padahal mereka sekongkol melindungi?
    Tidak ada nafkah baginya dalam Islam.
    Bgm menurut UU?
    Apakah wajib dicerai? Wajib.
    Namun skrg saya hanya seorang sopir taxi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg jls anak msih tanggung jawab ayah untuk mencukupi kbutuhan nya. Istri yg bgtu tdk bnar.. istri pembangkang. Klu di lanjutkan anda yg hdup susah dgn istri yg sprti itu.. ckup brdoa smga alloh memberi ptunjuk pda istri yg sprti itu. Agar sadar dan insaf atas dosa nya. Jika tdk menurut mending diam kan... klu mengajak cerai ..berarti istrimu tdk ikhlas menerima kamu apa adanya.

      Hapus
  4. Ass. Saya dwi esti umur 27tahun saya punya masalah keluarga sehingga saya meninggalkan rumah mertua yang saat ini sama tinggali..semenjak anak saya umur 1bulan saya sudah tnggal disana suami saya seorang masinis pulang kerja 1minggu 2kali..setiap suami saya pulang selalu ada keributan karena saya teledoran lah kurang rapi pasti ada aja kesalahan saya sehingga sering membuat dia kasar dan main tangan terkadang pula ucapan nya yang selalu menyakiti hati saya setiap saya ingin bercerita dia selalu bicara kamu itu gak penting mau omong apa... Disaat suami saya berangkat kejak giliran mertua saya yang selalu menyindir nyindir saya lewat anak nya,, (adik perempuan suami) padahal saya sudah mengerjakan semua perkerjaan rumah disaat semua sudah selesai ketoka saya duduk nonton tv ada aja pekerjaan yang kurang bener dengan nada nada teriak teriak beliau marah dan memarahi anak nya dengan cara menyindir saya... Sampek akhirnya saya pernah dicaci maki dihadapkan saya sendiri karena dia pada saat itu saya membuat kesalahan... Dan akhirnya saya mengadu ke suami tp suami tidak memperdulikan saya dan bilang kalo sudah Gag kuat tinggal disini pulang lah ke orang tuamu selama lamanya.. Dengan rasa kecewa sakit hati dan marah besok saya pulang ke rumah orang tua dan membawa anak saya yang ber umur 4tahun.setelah 3hari dia wa saya dan tanya mengapa belom pulang saya menjawab saya pengen disini dl sampai hati q tenang lalu dia menjawab dengan memberikan foto kalo baju baju sya sdh dibakar sama suami dan dia bilang kalo udah kita pisah ajaa.. Disitu saya sudah tk bisa memberi jawaban lagi karena badan saya gemetar... Setelah 2bulan2tk ada kabar dia datang kerumah dan meminta balik lagi tp saat itu saya tidak memberi jawaban terus dia bilang kamu istri durhaka karena kamu telah meninggal kan rumah tanpa izin.. Saya jadi bingung.. Tolong beri jawabab apa yang harus saya lakukan

    BalasHapus
  5. Suami saya meminta saya untung memutuskan komunikasi dengan semua keluarga saya. Atas alasan orang tuanya sakit hati dengan keluarga saya. Dan suami merasa orangtua saya ingin saya bercerai dengan suami. Padahal sudah di jelaskan hanya salah paham. Apa boleh saya memilih pergi sendiri dan membawa anak2?

    BalasHapus
  6. jikalau istri ingin nginap drmh ortunya lalu suami mengizinkannya,namun sii istri keluar rmh lagi dari rmh ortunya untuk bermain..apakah harus izin kembali kpd suaminya.

    BalasHapus
  7. Bagaimana jika istri tidak tahan hidup bersama karena si istri bertahun-tahun menjadi tulang punggung keluarga dengan suami yang tidak pernah memberi nafkah, pemalas dan hidup dalam zona nyaman karena kebutuhan anak-anak terpenuhi melalui istrinya yang selalu bekerja demi kelangsungan tumbuh kembang anak-anaknya. suaminya menjadi numpang hidup di bawah ketiak istrinya. sudah diajak bicara baik-baik berkali-kali, tetapi nampanya si suami tidak memiliki iktikad baik. si istri tak tahan ingin kembali ke rumah ortunya dan ingin menggugat cerai... apakah boleh menurut KUA Pengadilan Agama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai seorang suami berkewajiban menafkahi dan bertanggung jawab atas istri dan anaknya, jika sebaliknya maka dia bukan suami yang Pantas untuk dipertahankan.

      Hapus
  8. Istri saya pergi dari rumah karna kesalahan saya berhutang pada orang. saya berhutang saya tetap bayar. istri saya sudah setahun lebih meninggalkan saya membawa anak2 saya. ketika saya bersama keluarga saya datang ke rumah orang tua istri saya untuk menyuruhnya pulang istri saya tidak mau. lalu bagaimana cara saya mengambil keputusan ktika istri saya trus meminta cerai sedangkan saya tidak ingin menceraikan istri saya karna saya pikirkan anak anak saya.

    BalasHapus
  9. Isteri sy pulang ke rumah orang tuanya atas izin saya
    Hari ke 2 di rumah orang tuanya kami bergaduh atas 1 kesalahan
    Sehingga kini isteri tidak mahu pulang atas alasan takut di marahi saya
    Apa harus saya buat
    Boleh kah cik bantu saya beri idea @ pendapat yang mampu bantu saya
    Kerana saya sudah buntu
    Adakah cerai jalan terakhir kerana dia juga seprti tidak mahu pulang

    BalasHapus
  10. Jika istri minggat dari rumah gara sang suami suruh istri makan,terus istri malah diam ngk mau jawab ap2,apakah berdosa sang suami

    BalasHapus
  11. Istri saya sudah 3x minggat dari rumah lalu dia kontrak sendiri karena merasa dia bekerja dan meninggalkan suami anak 4 dan ibu nya yg masih tinggal di rumah saya yg saya heran tapi selepas pulang kerja tiap dia mampir kerumah sebelom saya pulang kerja dan pas saya mao pulang kerja dia pulang ke kontrakan nya pertanyaan saya saya juga sudah cape dengan istri saya dan dia pun sama tapi setiiap saya minta buku nikah saya selalu tidak di kasih sama dia hukum nya bagaimanq ini mohon di jelaskan
    terima kasih

    BalasHapus
  12. Istri saya pergi dari rmh tanpa seijin saya dia udh pergi 3x dan yg terakhir ini pergi tidak plang .saya udah membujuk pulang tp dia keras kepala tidak mau malah lari dari tggung jawab .dan no nya udah gak bisa dihubungi lagi saya tidak tau masalah apa.

    BalasHapus
  13. Bagai mana jika istri pergi meninggalkan rumah, tpi saya yg suruh untuk kenyamanan dia. Karna saat itu ekonomi saya lagi kesusahan dan d saat ekonomi saya sudah stabil ku ajak blik rumah tpi dia lebih memilih menetap d rumah kawanya...saya menangis berjuang sendiri demi mestabilkan ekonomi ngak tpat untuk saya curhat soal derita hidup selama saya d tinggal pergi..pertanyaanya apakah pastas saya gugat cerai saya gak bisa terima dgn sifat dia yg selalu menonjolkan diri d dunia maya jln sama kawan2 tpi selalu mengeluh ngak ada duit itupun kasih kabar klw ada maunya...apakah saya berdosa klw menceraikanya tolong pencerahanya

    BalasHapus
  14. Saya seorang istri sedang hamil.. Saya pulang kerumah org tua saya dg pengetahuan suami saya.. Karena saya merasa tidak di nafkai uang dsna, hnya makan setiap hri itupun di belikan suami saya dan sering berkomentar ttg kejelekan saya setelah saya jawab yaudh beri saya uang untuk perawatan tp suami hanya bilang gakpunya uang trs pergi.. Apakah saya berdosa pulang krmh org tua saya untuk menenangkan diri, dan sedangkan suami saya tdk menyuruh sya pulng lg ksna dan tdk ada komunikasi.

    BalasHapus
  15. jika istri selalu nurut pada suami ...terus selalu saja mertua gak suka pada istri dan istri minta ngontrak ...malah di bilang kurag ajar pada saudaranya karna cuma tinggal i oragtuanya....dan istri pergi begitu saja gak bilag dan hanya meniggalkan pesantulis....karna sangkikg dah gak kuat tiap ada masalah istri di suruh pulang keoragtuanya...dan istri pergi bawa anak nya cari kerja palah gak pulang ke oragtuanya...apakah doda besar

    BalasHapus
  16. Bener juga...ya..biasa nya watak & perilaku tsb yg suka mmbangkang isteri dari keluarga orang tua yg tidak harmonis atau broken (acak aduk)

    BalasHapus
  17. saat istri pergi kerumah orang tuanya apa harus kita jemput apa di biarkan hinnga dia pulang sendiri

    BalasHapus
  18. Ya.. Bagaimanapun Suami adalah Di atas istri..
    Diam lebih baik dari pada memperkeruh masalah.
    Berkicaunya istri trkdng hnya kejenuhan semata.
    Hanya saja.. Beberapa faktor yg mmperbesar masalah

    Keduabelah pihak otoriter.
    Ingin menang s3ndiri.
    Sebaiknya. Ada yg mengalah.

    BalasHapus
  19. Istri tidak boleh meninggalkan rumah saat ada masalah, tapi bagaimana jika suami sudah sering kali mengucapkan kepada istri nya untuk pulang kerumah orang tua istrinya ??

    BalasHapus
  20. Apakah dosa... saya ingin pulang ke rumah orangtua saya untuk sementara waktu, sampai hati dan fikiran ini benar benar tenang...
    Saya sudah merasa cape dengan semua sikap suami saya, saya tidak ingin mengkahiri semuanya,, saya hanya ingin istirahat sejenak.. dan sebentar saja untuk menjauh darinya🥺

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum.tolong pendapatnya,istri saya pulang kerumah orang tuanya di karenakan saya TDK ada kerjaan di suruh pulang dia TDK mau, istri saya bilang klu ada uang dia mau pulang, bagaimana sikap saya tolong kasih solusinya,🙏 terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

trims komentarnya .. kita moderasi dulu ya ..

Postingan populer dari blog ini

9 Ciri Tipe Orang yang Suka Ber-Kamuflase

Bakso di Ciracas yang Paling Enak dan Populer